[email protected] Ph : +62 852 3865 5838 WA : +62 852 3865 5838

WISATA TARI KECAK PULAU SERIBU PURA

Balipuspa.com (Info Wisata) -

Wisata kecak sudah sangat akrab ditelinga pariwisata Bali, Tari kecak adalah salah satu jenis kesenian tradisional dari Bali yang diciptakan pada kisaran tahun 1930 oleh seorang penari sekaligus seniman dari Bali yakni Wayan Limbak. Sebagai seorang seniman tentu saja Wayan Limbak sangat akrab dengan para seniman lain, sebut saja Walter Spies yang merupakan seorang pelukis dari negara Jerman merupakan salah satu teman akrab Wayan Limbak.

Kedua sahabat inilah yang menjadi pencetus tari kecak yang sangat terkenal hingga saat ini. Dari tahun 1970 tari kecak terus mengalami peningkatan, bahkan pemerintah daerah setempat menjadikan tari ini sebagai icon budaya masyarakat Bali.

Sejarah dan Perkembangan Tari kecak merupakan tarian yang dicetuskan dan diciptakan oleh seniman asal Bali yakni Wayan Limbak dan seorang sahabatnya dari Jerman.

Pada awal kemunculan nya jenis tari ini tercipta secara tidak sengaja yang diambil dari sebuah tarian adat pemujaan yang dikenal dengan sebutan Shangyang.

Sanghyang adalah jenis tarian tradisional Bali yang dilakukan dalam upacara religi seperti menolak bala serta mengusir suatu wabah penyakit. Dari sebuah pementasan Sanghyang inilah kemudian Wayang Limbak bersama Walter Spies berinovasi menciptakan sebuah gerakan tari sebagai salah satu wujud kecintaan mereka terhadap budaya dan kesenian Bali.

Salah satu jenis kesenian tari ini disajikan oleh para penari yang duduk melingkar serta mengucapkan kata cak-cak-cak-cak secara serentak, karena ini pula tarian ini diberi nama dengan sebutan “tari kecak”. Gerakan tangan yang disajikan dalam pertunjukan sebenarnya mengisahkan sebuah cerita Ramayana yakni pada peristiwa Dewi Shinta diculik oleh Rahwana.

Hingga akhir pertunjukan biasanya tari ini menyajikan kisah pembebasan Dewi Sintha dari tangan Rahwana. Guna mendukung cerita yang disajikan maka dalam pertunjukan tari tradisional Bali juga harus terdapat beberapa tokoh yang memerankan peran utama sebagai Hanoman, Sugriwa, Dewi Shinta, Rhama, dan Rahwana.

Pada tahun 70-an Wayang Limbak bekerja keras guna mempromosikan dan mengenalkan tari kecak hingga ke mancanegara. Selain mengenalkan keunikan dalam pementasan tarian ini tentu saja daerah asal kesenian ini ikut melambung di dunia Internasional yang kemudian menarik para wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Bali.

Dalam perkembangannya pertunjukan tari yang juga menceritakan kisah pewayangan ini dimainkan oleh laki-laki yang berjumlah tak terbatas. Ada kalanya disajikan oleh puluhan orang namun dalam acara tertentu ada pula yang dipertunjukkan secara massal oleh ribuan penari.

MOBIL MATIC MURAH

  • Daihatsu AYLA AT

    Features : Full AC dan Audio Kapasitas 3-4 Orang 2-3 hari   Rp. 250.000,-/hari 4-7 ...

  • Toyota New Avanza AT

    Features : Full AC dan Audio Kapasitas 6-8 Orang 2-3 hari Rp.325.000,-/hari 4-7 hari Rp. ...

  • Honda Vario CW 110 CC

    Features : Kapasitas 1-2 Orang Rp. 70.000,- /day Mingguan Rp 400 Ribu Proses Pemesana ...

  • HONDA VARIO ESP

    Features : Kapasitas 1-2 Orang Rp. 70.000,- /day Mingguan Rp 400 Ribu Proses Pemesanan Sewa ...

  • Honda Beat 110 CC

    Features : Kapasitas 1-2 Orang Rp.60.000,- /day Mingguan Rp 350 Ribu  Proses Pem ...

MOTOR MATIC MURAH

  • Honda Vario CW 110 CC

    Features : Kapasitas 1-2 Orang Rp. 70.000,- /day Mingguan Rp 400 Ribu Proses Pemesana ...

  • Yamaya Nmax

    Features : Kapasitas 1-2 Orang Rp.150.000,- /day Mingguan Rp 1.000.000   Pros ...

  • HONDA VARIO ESP

    Features : Kapasitas 1-2 Orang Rp. 70.000,- /day Mingguan Rp 400 Ribu Proses Pemesanan Sewa ...

  • VARIO 125 CC

    Features : Kapasitas 1-2 Orang Rp. 75.000,- /day Mingguan Rp 450 Ribu   Proses Peme ...

  • Honda Scoopy

    Features : Kapasitas 1-2 Orang Rp.70.000,- /hari Mingguan Rp 400 ribu  Proses Pe ...