[email protected] Ph : +62 852 3865 5838 WA : +62 852 3865 5838

Tari Telek Jumpai, Tarian Legendaris Masyarakat

KLUNGKUNG, balipuspa.com- Tidak banyak warga yang tahu kisah apa yang sebenarnya yang melatarbelakangi penciptaan tari Telek yang sampai wajib dipentaskan sejumlah banjar/desa adat Jumpai di Klungkung. Mereka hanya tahu bahwa tarian ini merupakan tari sakral yang pantang untuk tidak dipentaskan secara sembarangan.

Dikutip dari lontar Suari, cerita bermula dari kerinduan Batara Siwa kepada Batari Giri Putri (Dewa Uma) yang menghilang dan menjelma ke dunia menjadi Dewi Durga. Akhirnya, Batara Siwa mengutus para dewata untuk mencari serta membujuk sang dewi agar mau kembali ke Siwa Loka/sorga. 

"Penjelmaan para dewata inilah yang jadi pokok cerita dalam pementasan Telek dan tarian-tarian lain yang menyertainya. Tari Telek di Desa Jumpai diadakan lebih sering tepatnya setiap rahinan Kajeng Kliwon atau lima belas hari sekali. Dipentaskan juga bersama upacara piodalan di Pura Penataran Dalem Cangkring, Pura Taman Sari dan Pura Dalem Katulampa. Jadi, Tari Topeng Telek di Desa Jumpai dipentaskan setidaknya 27 kali di setiap tahunnya.

Dalam pementasannya, umumnya Tari Telek dibawakan oleh empat penari pria, namun terkadang ada juga ditarikan oleh perempuan. Di Desa Jumpai, semua penari dipastikan masih berusia anak-anak sampai memasuki masa truna bunga (akil balik). Keempat penari membawakan Tari Telek dengan menggunakan topeng berwarna putih berkarakter wajah tampan nan lembut sembari membawa sebuah kepet atau kipas dengan diiringi Tabuh Bebarongan.

Tari ini dipentaskan tidak berdiri sendiri, namun dirangkai dengan Tari Jauk, Tari Topeng Penamprat, Bhatara Gede (Barong), Rarung dan Bhatara Lingsir (Rangda). Selama kurang lebih dua jam, seluruh unsur tarian berpadu membangun satu kesatuan cerita yang utuh. Cerita yang digunakan berkisar tentang Bhatara Ciwa yang mencoba menguji keteguhan cinta sang istrinya yakni Bhatari Giri Putri. Sebagai puncaknya, di akhir pertunjukan akan diwarnai dengan atraksi menusukkan keris ke dada yang bersangkutan maupun ke dada Bhatara Lingsir atau Rangda.

Kini, tari Telek khas Jumpai akan kembali dipersembahakan untuk memeriahkan sekaligus merayakan HUT Puputan Klungkung dan hari jadi kota Klungkung dalam balutan Festival Klungkung yang ke-IV. Sebanyak 2019 penari dikalangan anak-anak remaja laki maupun perempuan akan berpartisipasi ''ngayah'' disamping bentuk apresiasi pemerintah daerah untuk melestarikan warisan leluhur yang adi luhung ini. Filosofi dibalik tarian Telek khas Jumpai ini dapat dilihat ketika seorang anak mengenakan topeng, menari sembari menari dengan penuh ketulusan.

Topeng adalah cerminan kepribadian dan karakter manusia. Begitu pun Topeng Telek yang berwarna putih dengan ekspresi tersenyum, menggambarkan sosok karakter optimisme, percaya diri, santun, inovatif, dan religius. Karakter inilah yang harusnya ditumbuhkembangan sejak anak-anak, disatu sisi mengajarkan anak-anak untuk membudayakan nilai-nilai ketulusan, melalui satu ritual tari yang sakral dan sarat akan makna yaitu Tari Telek Jumpai. (art/berbagaisumber)

MOBIL MATIC MURAH

  • Mazda 2 AT

    Features : Full AC dan Audio Kapasitas 3-4 Orang 2-3 hari  Rp. 400.000,-/hari 4-7ha ...

  • TOYOTA ALL NEW VELLFIRE

    Features : Full AC dan Audio Kapasitas 6-8 Orang Rp. 1.600.000,-/12 Jam over time :Rp. 1 ...

  • Daihatsu All New Xenia AT

    Features : Full AC dan Audio Kapasitas 6-8 Orang 2-3 hari Rp. 325.000,-/hari 4-7 hari Rp ...

  • Toyota AGYA AT

    Features : Full AC dan Audio Kapasitas 3-4 Orang 2-3 hari Rp. 250.000,-/hari 4-7 hari Rp ...

  • ISUZU ELF

    Full AC dan Audio Kapasitas 12-14 Orang Rp. 750.000,– /12 jam over time :Rp. 75.000,-/Ja ...

MOTOR MATIC MURAH

  • Honda Scoopy

    Features : Kapasitas 1-2 Orang Rp.70.000,- /hari Mingguan Rp 400 ribu  Proses Pe ...

  • Yamaya Nmax

    Features : Kapasitas 1-2 Orang Rp.150.000,- /day Mingguan Rp 1.000.000   Pros ...

  • VARIO 125 CC

    Features : Kapasitas 1-2 Orang Rp. 75.000,- /day Mingguan Rp 450 Ribu   Proses Peme ...

  • Honda Beat 110 CC

    Features : Kapasitas 1-2 Orang Rp.60.000,- /day Mingguan Rp 350 Ribu  Proses Pem ...

  • Honda Vario CW 110 CC

    Features : Kapasitas 1-2 Orang Rp. 70.000,- /day Mingguan Rp 400 Ribu Proses Pemesana ...